RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP) PRAGMATIK JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Selasa, 19 Juni 2012
1
komentar
RENCANA
PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP) PRAGMATIK
JURUSAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Oleh:
joko yulianto
1. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama
Matakuliah :
PRAGMATIK
Kode
Matakuliah : BH38
Kredit
Semester : 2 SKS
Program
Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester/T.A : GANJIL / 2012
Hari
Pertemuan/Jam :
Jum’at /08.00 s.d 10.00
Ruang :
K4-04
Nama
Dosen :
joko yulianto, S.Pd.
Telp./Fax/HP : 081 515 282 444
Email : jokoyulianto444@gmail.com
2. MATAKULIAH INI MENGKAJI TENTANG
a. Filosofi
dan sejarah pragmatik,
b. pengertian
dan kompetensi pragmatik,
c. kaitan
pragmatik dengan ilmu-ilmu lain,
d. deiksis,
e. implikatur
percakapan,
f. praanggapan,
g. tindak
bahasa, dan
h. strukturr
percakapan
3. MANFAAT MATAKULIAH PRAGMATIK
Matakuliah
ini ditawarkan untuk membantu mahasiswa memperoleh pemahaman dan keterampilan
tentang:
(a) Filosofi dan sejarah pragmatik, (b) pengertian dan
kompetensi pragmatik, (c) kaitan pragmatik dengan ilmu-ilmu lain, (d) deiksis,
(e) Implikatur percakapan, (f) praanggapan, (g) tindak bahasa, dan (g) struktur
percakapan. yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi mahasiswa bila kelak menjadi
guru bahasa dan sastra Indonesia.
4. STRATEGI PEMBELAJARAN
Perkuliahan
ini berlangsung melalui strategi pembelajaran
berbasislearning revolution dengan mengandalkan model-model pembelajaran:
SCL, tinjauan kritis buku, penelitian sederhana, diskusi, belajar kooperatif,
dan pembelajaran kontekstual. Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini
adalah Contextual Teaching-Learning (CTL) dengan ceramah (kuliah mimbar), diskusi kelompok,
diskusi kelas, penugasan, proyek dan kerja praktek mahasiswa.
5. DAFTAR RUJUKAN
a. Antilan Purba, 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia
b. Kaswanti Purwo,
1984, Deiksis dalam Bahasa Indonesia
c. Kaswanti Purwo,
1988, Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa
d. P.W.J. Nababan, 1987, Ilmu Pragmatik Teori dan
Penerapannya
e. H.G. Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik
6. RANCANGAN BELAJAR (Kompetensi Dasar, Bahan Ajar,
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Dampak Hasil Belajar, dan Sumber Belajar)
NO
|
KOMPETENSI
|
MATERI
|
L E A R N I N G R E V O L U T I O N
|
||||||||||||||||||
Aktivitas
Pembelajaran
|
Hasil
Belajar
(Output)
|
Dampak
Hasil Belajar
(Outcome)
|
SUMBER
BELAJAR
|
||||||||||||||||||
Hard
Skills
|
Soft
Skills
|
||||||||||||||||||||
Model
Pembelajaran
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||||||||||
1
|
Mahasiswa memahami tujuan dan
manfaat mata kuliah Pragmatik
|
Motivasi
belajar tinggi, kepatuhan terhadap kontrak kuliah, kemandirian
|
1)Mempersepsi
secara umum kontrak perkuliahan, pengenalan pointer materi kuliah dan
materi kuliah secara keseluruhan.
2)Melakukan
pembagian kelompok belajar masing-masing kelompok terdiri dari 5-6
orang (disebut sebagai KELOMPOK ASAL). Kelompok ini bertugas melakukan
pengkajian tentang materi perkuliahan:
|
Contextual
Instruction
Small Gro
up Discission
|
· Perkenalan
· Pengenalan Pointer Materi Kuliah
· Penyampaian
Kontrak dan tugas kuliah
|
· Merencanakan
konsep studi
· Membentuk
kelompok belajar
|
· Respon interaktif antar mahasiswa dan
dng dosen
· Terciptanya
konsep dan rencana studi
· Terbentuknya
kelompok belajar
· Kesepakatan
tugas
|
· Tumbuhnya kebiasaan merespon di
kalangan mhs.
· Berkembangnya kemampuan dlm merenc.
Studi baik pribadi maupun kelompok
|
Kontrak Perkuliahan
|
||||||||||||
2
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Filosofi dan Sejarah Pragmatik
|
Ketangguhan
mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang
lain
|
Filosofi
dan Sejarah Pragmatik
|
· Discovery
· Learning
Cooperative Lear- ning
· Problem Based Introduction
· Investigasi
· Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog sesama mhs mau pun
dng dosn
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
Persepsi yang
jelas ttg Filosofi dan Sejarah Pragmatik
|
· Tumbuhnya kebiasaan merespon di
kalangan mhs.
· Berkembangnya kemampuan dlm merenc.
Studi baik pribadi maupun kelompok
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
3
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian
dan kompetensi Pragmatik
|
Responsip
Bermotivasi
Komit
Berkemauan
dan
Berkehendak untuk belajar mandiri dan kelompok
Berpikir
kritis
Percaya diri
Produktif
|
Pengertian dan kompetensi
pragmatik
|
Discovery Learning
Problem Based Introduction
Cooperative Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
Persepsi yang jelas
mengenai Pengertian dan kompetensi
pragmatik
|
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas
dasar pemahaman Pengertian dan kompetensi
pragmatik pembelajaran
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
4
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Pengertian
dan kompetensi pragmatik
(Lanjutan)
|
Ketangguhan
mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang
lain
|
Pengertian dan kom petensi
pragmatik
(Lanjutan)
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil
kuliah
|
Persepsi yang jelas
mengenai Pengertian dan kompetensi
pragmatik
|
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas
dasar pemahaman Pengertian dan kompetensi
pragmatik pembelajaran
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
5
|
FORMATIF I
|
||||||||||||||||||||
6
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
|
Ketangguhan
mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang
lain
|
Kaitan
Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kelompok
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
Persepsi
yang jelas mengenai Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
|
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan
benar atas dasar pemahaman mengenai
kaitannya dengan ilmu lain
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
7
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain (Lanjutan)
|
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak
untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif
|
Kaitan
Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
(Lanjutan)
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kelo
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
Persepsi
yang jelas mengenai Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
|
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan
benar atas dasar pemahaman mengenai
kaitannya dengan ilmu lain
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
8
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia
|
Ketangguhan
mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang
lain
|
Deiksis dalam
bahasa Indonesia
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil
kuliah
|
Persepsi
yang jelas mengenai Deiksis dalam bahasa Indonesia
|
· Kebiasaan menggunakan Deiksis
secara tepat dalam berbahasa
· Berkembangnyakemampuan
dlmmenggunakan deiksis secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
9
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia
(lanjutan)
|
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak
untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif
|
Deiksis dalam
bahasa Indonesia
(Lanjutan)
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
Persepsi
yang jelas mengenai Deiksis dalam bahasa Indonesia
|
· Kebiasaan menggunakan Deiksis
secara tepat dalam berbahasa
· Berkembangnyakemampuan
dlmmenggunakan deiksis secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
10
|
TES
FORMATIF II
|
||||||||||||||||||||
11
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Implikatur Percakapan
|
Ketangguhan
mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang
lain
|
Implikatur
Percakapan
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
Persepsi yang jelas mengenai Implikatur
Percakapan
|
· Kebiasaan menggunakan implikatur
percakapan
· Berkembangnya kemampuan menggunakan implikatur
percakapan secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
12
|
Mahasiswa
dapat menje laskan pengertian dan konsep praanggapan
|
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak
untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif
|
Praanggapan
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
· Persya Persepsi yang jelas mengenai Praanggapan
|
· Kebiasaan menggunakan Praanggapan
dalam berbahasa
· Berkembangnya kemam puan menggunakan
Praanggapan secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
13
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Tindak Bahasa
|
Ketangguhan
mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang
lain
|
Tindak Bahasa
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
Persepsi yang jelas
mengenai Tindak Bahasa
|
· Kebiasaan menggunakan Tindak Bahasa
dalam berbahasa
· Berkembangnya
kemampuan menggu nakan Tindak Bahasa secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
14
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Tindak Bahasa
(Lanjutan)
|
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak
untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif
|
Tindak Bahasa
(Lanjutan)
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
Kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
· Persep Persepsi yang jelas mengenai Tindak Bahasa
|
· Kebiasaan menggunakan Tindak Bahasa
dalam berbahasa
· Berkembangnya
kemampuan menggunakan Tindak Bahasa secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
15
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Struktur Percakapan
|
Ketangguhan
mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang
lain
|
Struktur
Percakapan
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah materi
kuliah
· Diskusi
Kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs
maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
· Persep Persepsi yang jelas
mengenai Struktur
Percakapan
|
· Kebiasaan menggunakan Struktur Percakapan
dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan menggunakan Struktur
Percakapan secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
16
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Struktur Percakapan
(Lanjutan)
|
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak
untuk belajar mandiri dan kelompok
Berpikir kritis
Percaya diri
Produktif if
|
Struktur
Percakapan (Lanjutan)
|
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
|
· Menyepakati
kompetensi target
· Merancang
tugas mhs
· Membimbing
mhs bedah materi
· Melayani
dialog dan Tanya jawab
|
· Membedah
materi kuliah
· Diskusi
Kel.
· Membangun
dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan
pertanyaan pd dosen
· Merangkum
hasil kuliah
|
· Persep Persepsi yang jelas
mengenai Struktur
Percakapan
|
· Kebiasaan menggunakan Struktur
Percakapan sa dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan menggunakan Struktur
Percakapan secara benar
|
· Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
· Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
· Nababan,1987. Ilmu
Pragmatik
· .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran
Pragmatik
|
||||||||||||
17
|
TES FORMATIF III
|
||||||||||||||||||||
18
|
TES FORMATIF IV (UAS)
|
||||||||||||||||||||
1 komentar:
thank you
Posting Komentar