RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP) PRAGMATIK JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Posted by joko yulianto Selasa, 19 Juni 2012 0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN (RPP) PRAGMATIK
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Oleh: joko yulianto
1.      IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Matakuliah                 :  PRAGMATIK
Kode Matakuliah                 : BH38
Kredit Semester                   : 2 SKS
Program Studi                      :  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester/T.A                       :  GANJIL / 2012
Hari Pertemuan/Jam             :  Jum’at /08.00 s.d 10.00
Ruang                                   :  K4-04
Nama Dosen                        :  joko yulianto, S.Pd.
Telp./Fax/HP                        :  081 515 282 444
Email                                    :  jokoyulianto444@gmail.com

2.      MATAKULIAH INI MENGKAJI TENTANG
a.      Filosofi dan sejarah pragmatik,
b.      pengertian dan kompetensi pragmatik,
c.      kaitan pragmatik dengan ilmu-ilmu lain,
d.      deiksis,
e.      implikatur percakapan,
f.       praanggapan,
g.      tindak bahasa, dan
h.      strukturr percakapan
3.      MANFAAT MATAKULIAH PRAGMATIK
Matakuliah ini ditawarkan untuk membantu mahasiswa memperoleh pemahaman dan keterampilan tentang:
(a)    Filosofi dan sejarah pragmatik, (b) pengertian dan kompetensi pragmatik, (c) kaitan pragmatik dengan ilmu-ilmu lain, (d) deiksis, (e) Implikatur percakapan, (f) praanggapan, (g) tindak bahasa, dan (g) struktur percakapan. yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi mahasiswa bila kelak menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia.

4.      STRATEGI PEMBELAJARAN
Perkuliahan ini berlangsung melalui strategi pembelajaran   berbasislearning revolution dengan mengandalkan model-model pembelajaran: SCL, tinjauan kritis buku, penelitian sederhana, diskusi, belajar kooperatif, dan pembelajaran kontekstual. Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah Contextual Teaching-Learning (CTL) dengan  ceramah (kuliah mimbar), diskusi kelompok, diskusi kelas, penugasan, proyek dan kerja praktek mahasiswa.

5.      DAFTAR RUJUKAN
a.       Antilan Purba, 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia
b.      Kaswanti Purwo,  1984, Deiksis dalam Bahasa Indonesia
c.       Kaswanti Purwo,  1988, Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa
d.      P.W.J. Nababan, 1987, Ilmu Pragmatik Teori dan Penerapannya
e.       H.G. Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

6.      RANCANGAN BELAJAR (Kompetensi Dasar, Bahan Ajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Dampak Hasil Belajar, dan Sumber Belajar)
NO
KOMPETENSI
MATERI
L  E  A  R  N  I  N  G       R  E  V  O  L  U  T  I  O  N

Aktivitas Pembelajaran
Hasil Belajar
(Output)
Dampak Hasil Belajar
(Outcome)
SUMBER BELAJAR

Hard Skills
Soft Skills

Model
Pembelajaran
Dosen
Mahasiswa

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1
Mahasiswa memahami tujuan dan manfaat mata kuliah Pragmatik
Motivasi belajar tinggi, kepatuhan terhadap kontrak kuliah, kemandirian
1)Mempersepsi secara umum kontrak perkuliahan, pengenalan pointer materi kuliah dan materi  kuliah secara keseluruhan.
2)Melakukan pembagian kelompok belajar  masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disebut sebagai KELOMPOK ASAL). Kelompok ini bertugas melakukan pengkajian tentang materi perkuliahan:
Contextual Instruction

Small Gro up Discission
· Perkenalan
· Pengenalan Pointer Materi Kuliah
· Penyampaian Kontrak dan tugas kuliah
·  Merencanakan konsep studi
·  Membentuk kelompok belajar
· Respon interaktif antar mahasiswa dan dng dosen
· Terciptanya konsep dan rencana studi
· Terbentuknya kelompok belajar
· Kesepakatan tugas
·  Tumbuhnya kebiasaan merespon di kalangan mhs.
·  Berkembangnya kemampuan dlm merenc. Studi baik pribadi maupun kelompok
Kontrak Perkuliahan

2
Mahasiswa dapat menjelaskan Filosofi dan Sejarah Pragmatik
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Filosofi dan Sejarah Pragmatik
·           Discovery
·           Learning
Cooperative Lear- ning
·      Problem Based Introduction
·      Investigasi
·      Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog sesama mhs mau pun dng dosn
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi  yang jelas ttg  Filosofi dan Sejarah Pragmatik

·  Tumbuhnya kebiasaan merespon di kalangan mhs.
·  Berkembangnya kemampuan dlm merenc. Studi baik pribadi maupun kelompok
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

3
 Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan kompetensi Pragmatik
Responsip
Bermotivasi
Komit
Berkemauan
dan Berkehendak untuk belajar mandiri dan kelompok
Berpikir kritis
Percaya diri
Produktif

Pengertian dan kompetensi pragmatik
Discovery Learning
Problem Based Introduction
Cooperative Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang jelas mengenai  Pengertian dan kompetensi pragmatik
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  Pengertian dan kompetensi pragmatik  pembelajaran      
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

4
 Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian dan kompetensi pragmatik
 (Lanjutan)
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Pengertian dan kom petensi pragmatik
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang jelas mengenai  Pengertian dan kompetensi pragmatik
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  Pengertian dan kompetensi pragmatik  pembelajaran      
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

5
 FORMATIF  I 

6
 Mahasiswa dapat menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kelompok
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang jelas mengenai  Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  mengenai kaitannya dengan ilmu lain      

·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

7
 Mahasiswa dapat menjelaskan Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain (Lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kelo
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang jelas mengenai  Kaitan Pragmatik dengan Ilmu-ilmu yang Lain
· Kebiasaan mengunakan Pragmatik dengan benar atas dasar pemahaman  mengenai kaitannya dengan ilmu lain      

·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

8
 Mahasiswa dapat menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Deiksis dalam bahasa Indonesia
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang jelas mengenai  Deiksis dalam bahasa Indonesia
· Kebiasaan menggunakan Deiksis secara  tepat dalam berbahasa
· Berkembangnyakemampuan dlmmenggunakan deiksis secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

9
 Mahasiswa dapat menjelaskan deiksis dalam bahasa Indonesia
  (lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Deiksis dalam bahasa Indonesia
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
  Persepsi yang jelas mengenai  Deiksis dalam bahasa Indonesia
· Kebiasaan menggunakan Deiksis secara  tepat dalam berbahasa
· Berkembangnyakemampuan dlmmenggunakan deiksis secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

10
TES FORMATIF II 

11
 Mahasiswa dapat menjelaskan Implikatur Percakapan
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain
Implikatur
Percakapan
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang jelas mengenai  Implikatur
Percakapan
· Kebiasaan menggunakan implikatur percakapan
· Berkembangnya kemampuan menggunakan implikatur percakapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

12
 Mahasiswa dapat menje laskan pengertian dan konsep praanggapan
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Praanggapan
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persya   Persepsi yang jelas mengenai  Praanggapan
· Kebiasaan menggunakan Praanggapan dalam berbahasa
· Berkembangnya kemam puan menggunakan Praanggapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

13
 Mahasiswa dapat menjelaskan Tindak Bahasa
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Tindak Bahasa
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
Persepsi yang jelas mengenai  Tindak Bahasa
· Kebiasaan menggunakan Tindak Bahasa dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan menggu nakan Tindak Bahasa secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

14
 Mahasiswa dapat menjelaskan Tindak Bahasa
(Lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk belajar mandiri dan kelompok Berpik kritis
Percaya diri
Produktif

Tindak Bahasa
(Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi Kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persep  Persepsi yang jelas mengenai   Tindak Bahasa
· Kebiasaan menggunakan Tindak Bahasa dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan menggunakan Tindak Bahasa secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

15
 Mahasiswa dapat menjelaskan Struktur Percakapan
Ketangguhan mencari referensi, kemandirian belajar, keterbukaan terhadap pendapat orang lain

Struktur Percakapan
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi Kel
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persep  Persepsi yang jelas mengenai  Struktur Percakapan
· Kebiasaan menggunakan Struktur Percakapan dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan menggunakan Struktur Percakapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

16
 Mahasiswa dapat menjelaskan Struktur Percakapan
 (Lanjutan)
Responsip
Bermotivasi
Komit Berke mauan dan Berkehendak untuk belajar mandiri dan kelompok
Berpikir kritis
Percaya diri
Produktif if

Struktur Percakapan (Lanjutan)
Discovery Learning
Problem Based Intro duction
Cooperati
ve Scrip
Investigasi
Penugasan
· Menyepakati kompetensi target
· Merancang tugas mhs
· Membimbing mhs bedah materi
· Melayani dialog dan Tanya jawab
· Membedah materi kuliah
· Diskusi Kel.
· Membangun dialog dengn sesama mhs maupun dgn dosen
· Mengajukan pertanyaan pd dosen
· Merangkum hasil kuliah
·                        Persep  Persepsi yang jelas mengenai  Struktur Percakapan
· Kebiasaan menggunakan Struktur Percakapan sa dalam berbahasa
· Berkembangnya kemampuan menggunakan Struktur Percakapan secara benar
·  Antilan Purba, 2002, Pragmatik Bhs.Indonesia
·  Kaswanti Purwo, 1988, Pragmatik dalam Bahasa Ind.
·  Nababan,1987Ilmu Pragmatik
·  .H.G Tarigan, 1986. Pengajaran Pragmatik

17
TES FORMATIF III   

18
TES FORMATIF IV (UAS)


0 komentar:

Poskan Komentar