PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Posted by joko yulianto Selasa, 29 November 2011 0 komentar

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Pandangan awal dari: joko yulianto
Secara etimologi istilah pendidikan multikultural terdiri dari dua ter m, yaitu pendidikan dan  multikultural. Sedangkan secara terminologi, pendidikan multikultural berarti proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekwensi keragaman budaya, etnis, suku dan aliran (agama). Dengan demikian, pendidikan multikultural menghendaki penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia. 
Manusia dan pendidikan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keberhasilan pendidikan dengan mengabaikan ideologi, nilai-nilai, budaya, kepercayaan dan agama yang dianut masing-masing suku dan etnis harus dibayar mahal dengan terjadinya berbagai gejolak dan pertentangan antar etnik dan suku karena mereka masih belum menerima kalau Negara kita terdiri dari multi etnis dan multikultur, Sementara menurut pendidikan multikultural adalah pendidikan yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai keyakinan, heterogenitas, pluralitas agama apapun aspeknya dalam masyarakat, artinya pendidikan multikutural harus menempatkan nilai-nilai keyakinan sebagai pedoman untuk melakukan tindakan.
Pendidikan multikultural menentang pendidikan yang hanya berorientasi bisnis,atau kepentingan peribadi. Pendidikan yang diharapkan oleh bangsa Indonesia sebenarnya bukanlah pendidikan ketrampilan semata, melainkan pendidikan yang harus mengakomodir semua jenis kecerdasan, yang sering disebut kecerdasan ganda (multiple intelligence). Karena menurut penelitian keberhasilan seseorang itu sebagian besar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, walaupun kecerdasa spiritual dan  kecerdasa otak (IQ) juga mempengaruhi keberhasilan seseorang. Menurut pendapat Daniel goleman tentang keberhasilan seseorang dimasyarakat ternyata 80% dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan hanya 20% yang ditentukan oleh kecerdasan otak (IQ). Lalu yang jadi pertanyaanya apakah konsep pendidikan multikultural mampu mengantarkan anak didiknya mencapai kesuksesan? Maka jawabanya adalah tergantung sejauh mana konsep pendidikan multikultural itu mampu mempengruhi kecerdasan emosional pada anak didiknya.

0 komentar:

Poskan Komentar